Selasa, 07 Desember 2010

Kota di Pesisir Pantai

Mangrove atau lebih sering disebut tanaman bakau (Rhizophoraceae)biasa tumbuh di tepian pantai sehingga mempunyai manfaat sebagai hutan lindung dan sekaligus lahan hijau yang mampu membentuk ekosistim di tepi pantai. Dengan adanya hutan bakau tepian pantai terlindungi dari abrasi air laut, penghasil oksigen, dan juga tempat tumbuh dan berlindung ikan –ikan air payau juga berbagai jenis burung akan nyaman hidup di Hutan Bakau.
Dengan perkembangan dan pengembangan areal perkotaan yang merengut lahan hutan bakau dikawatirkan menyebabkan berbagai masalah ekosistem seperti terjadinya polusi di laut seperti pembuangan sampah atau saluran pembuangan yang langsung di buang ke laut.
Tentunya dalam mengembangkan area perkotaan dipesisir pantai hendaknya memperhatikan pelestarian ekosistem yang ada di sekitarnya dengan menjaga keseimbangan lahan hijau sebagai penghasil oksigen dan penyerap karbon monoksida dan juga memperhatikan sistim pembuangan limbah.
Dengan terciptanya keseimbangan areal penghijauan hutan mangrove di perkotaan yang ada di pesisir pantai akan membuat nyaman dan sehat kota tersebut.

2 komentar: